Dieting ๐Ÿฒ



    Sadar ga sih, standar kecantikan Indonesia tuh ga banget. Kecantikan yang diukur dengan fisik, kulit yang putih, wajah yang mulus tanpa jerawat sedikit pun, badan langsing, dll. Jujur aja gue dulu sangat ingin menjadi seperti itu, tapi semakin kesini semakin sadar. Bahwa kecantikan itu ya, yang bangun dari diri kita sendiri. Gue tau bahwa semua perempuan itu cantik dan berhak untuk itu. Tapi, untuk menjadi perempuan yang menyadari bahwa dirinya layak untuk di kagumi, ya dari diri sendiri, yaitu dengan mencintai diri nya sendiri. Gue gatau ini perkataan gue bener apa ga ya, tapi ini menurut gue aja sih. 

    Dulu gue sangat bodo amat dengan kata orang-orang, yap, dulu gue gendut banget pas awal SMP-SMA. disitu gue emang ga dengerin omongan mereka, gue dikatain gendut, ya gue biasa aja. Sampai pada akhirnya, gue ngerasa kok agak sakit ya dikatain kayak gitu, kenapa sama penampilan fisik gue, sejelek itu ya? se item itu gue? segendut itu gue? dan ya, gue menjalani diet untuk membuktikan bahwa gue bisa loh kurus sesuai yang kalian ingin kan. Awalnya gue diet itu ya karna omongan-omongan dari mereka ngatain gendut. Gue menjalani diet selama satu tahun penuh, tanpa olahraga tentunya. 

    Program diet yang gue jalani adalah OCD, kayak intermitten fasting gitu, jendela makannya di batasi. OCD adalah jenis diet yang gue coba selama SMA dulu, hampir setahun menjalni diet itu tanpa olahraga, palingan ya olahraga dari sekolah waktu itu. Walaupun, pada saat jendela makan itu, gue tidak semena-mena nya makan apa aja, gue tetep kontrol makanan gue. Bener-bener dilihat waktu itu, kayak banyakin makan sayuran, kurangin nasi, bahkan ga makan nasi. Pokoknya ketat banget deh dulu itu. Berhasil sih diet nya alhamdulillah nya, dan untuknya gaada efek yo-yo. Tapi ya gitu, Gue mengubah diri sendiri tuh karena orang lain, bukan karena diri sendiri. Jujur aja, dulu tuh sampe kepikiran banget masalah bentuk badan, ya walaupun pada akhirnya ga se-atletis orang-orang bule, tapi tuh kayak gimana gitu. 

    Setelah diet waktu SMA itu, gue ga diet sama sekali setelah itu, makan biasa aja sampai gue masuk kuliah. Selama Kuliah ini, gue sama sekali ga diet, karena emang kegiatannya banyak banget. Gue kuliah di luar kota dan ngekos, plus gaada kendaraan, jadi kemana-mana itu jalan kaki, jadi gue gaperlu diet lagi karena emang aktivitas nya banyak banget. Setelah diet itu alhamdulillah nya berat gue ga naik banyak-banyak banget palingan 2-3 kg aja. Tapi, setelah ada pandemi corona ini dan balik lagi ke rumah, gue jadi banyak makan dan ngemil gitu. Aktivitas juga minim banget, makanya setelah lebaran, gue memutuskan untuk melakukan workout, Chloe Ting. Jujur aja itu berat banget, gue mulai workout nya dia tuh susah payah banget, hahaha. I stop doing a chloe ting's workout after a month, gue memilih untuk diet kembali dan selingan workout dari emi wong. Diet kali ini gue bener-bener belajar. Mulai dari cutting calories, protein, carbo, fat, dan lainnya. Gue diet, tapi ga nyiksa banget, masih bisa makan enak, ya walaupun ga sering-sering banget. Gue juga hitung BMR gue dan printilan lainnya. Jujur gue baru melakukan diet kayak gitu tuh hampir 5 bulanan dan gue udah turun 5-6 kg. 

    Emang harus konsisten, tapi jangan dibuat nyiksa. Ga perlu cut calorie banyak-banyak, cukup 500an calorie aja dari Kalori hariannya. Awal-awalnya gue cut nya terlalu banyak, gue bisa makan tuh 700-800 kalori aja per hari, itu berlangsung 2-3 bulanan. Sekarang gue udah hampir 1000 kalori, karena aktivitas gue tuh ga nentu banget, kadang seminggu bisa 4 kali olahraga, kadang ga sama sekali. Jadi emang ga nentu buat aktivitasnya, makanya gue cut kalori nya sebanyak itu. Dengan diet ini, gue juga jadi belajar bahwa sebenernya, gue melakukan diet ini tuh bukan buat siapa-siapa, melainkan diri sendiri. Iya, buat gue pribadi aja. Kalo apapun yang kita lakuin itu untuk diri sendiri, bawaanya tuh lebih santai dan happy, trust me. Diet kali ini emang lebih enjoyable, karna diet itu buat lifetime, kayak emang buat seumur hidup. Gabisa yang namanya abis turun nih, terus ya balik makannya kayak sebelum diet, itu hasilanya sama aja, jadi percuma. 

    Gue kali ini belajar banyak soal diet, ilmu yang gue dapet juga banyak, tentang kalori, defisit kalori, dan lain-lain. Mungkin gue ada di level 2 buat dieting ini, karena emang gue masih suka liat-liat dikit timbangan,hahaha. Gabisa lepas dari timbangan, help wkwk, tapi gapapa belajar buat lepas dari timbangan. Emang gaperlu sering-sering liat timbangan, seminggu sekali aja cukup dan selalu dihari dan jam yang sama, dan rekomendasinya sih pagi hari pas bangun tidur dan setelah bak/bab. So that's all about my dieting journey, i know that's not detailed journey of my diet, but there's a lot main point ๐Ÿ˜€.

See ya!!

oiyaa, dengerin juga Podcast: Diary Of Us di Spotify or Anchor.fm !!!




Komentar

Postingan Populer